Full width home advertisement

Kabar Partai

Dokumentasi Video

Post Page Advertisement [Top]

 


DEPOK - Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat (Jabar) Asep Wahyuwijaya mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik pemerintah provinsi harus menjadi rujukan.

 

Menurut Asep Wahyuwijaya, hal ini perlu dilakukan agar peran dan fungsi layanan dasar kesehatan bisa optimal.

 

Bukan hanya rumah sakit milik provinsi, RSUD yang ada di pelosok juga harus menjadi rujukan, seperti RSUD Jampang Kulon di Sukabumi dan RSUD Pameungpeuk di Garut.

 

“Jangan sampai karena keterbatasan fasilitas dan tenaga kesehatannya, warga masih harus berobat ke rumah sakit di Bandung, yang waktu tempuh perjalanannya saja memerlukan 8 sampai 9 jam,” kata Asep Wahyuwijaya kepada PikiranRakyat-Depok.com pada Kamis, 24 Februari 2022.

Asep juga mengatakan, Gubernur Ridwan Kamil, dan Dinas Kesehatan Jabar, harus berkomitmen memberikan layanan kesehatan yang maksimal.

 

Apabila komitmen tersebut sudah kuat, maka, kata Asep, menjadikan fasilitas RSUD milik Pemprov Jawa Barat ini semakin lengkap dan qualified akan mudah.

 

“Begitu juga dengan kesejahteraan tenaga kesehatannya yang akan lebih mudah secara teknis untuk diselesaikan,” ujar Ketua Fraksi Demokrat Jawa Barat ini.

Asep mencontohkan kondisi RSUD Al-Ihsan, yang menurut Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, belum bisa membackup posisi RSUP Hasan Sadikin, Bandung sebagai rujukan.

 

“Kondisi inilah yang menyebabkan RSUP Hasan Sadikin, yang menjadi rumah sakit rujukan selalu penuh,” terang Asep.

 

Hal inilah, menurut Asep, harus menjadi pekerjaan rumah (PR) para stakeholder agar RSUD milik Pemprov Jawa Barat, perannya bisa naik kelas.

 

“Grand desain dan peta jalan untuk mengoptimalkan peran RSUD milik Pemprov Jabar mau tidak mau harus segera dibuat,” tegas aleg dari dapil Kabupaten Bogor ini.

 

Seperti mulai menyisir jumlah tempat tidur, keberadaan SDM, fasilitas hingga mencari cara agar dokter dan tenaga kesehatan betah dan mau mengabdi di RSUD tersebut.

 

“Kalau RSUD milik pemprov bisa jadi rujukan, keberadaan RS Al-Ihsan akan sangat membantu RSUP Hasan Sadikin. Warga yang tinggal di Jabar Selatan juga dapat menerima pelayanan kesehatan yang maksimal di RSUD Pameungpeuk dan RSUD Jampang Kulon,” imbuh Asep Wahyuwijaya.

 

Sumber: PR

 

Tidak ada komentar:

Bottom Ad [Post Page]