Profil Asep Wahyuwijaya

Kang Asep Wahyuwijaya sebenarnya tak bercita-cita menjadi poitisi. Kang Asep muda rupanya memiliki catatan perjalanan yang cukup menarik, mulai dari kuliah di bidang hukum, menjadi pengacara, berwiraswasta, hingga akhirnya terjun juga di bidang politik.

Dulu Kang Asep kuliah di Fakultas Huhum Unpad. Cukup aktif diberbagai organisasi kemahasiswaan, baik di organisasi intra maupun ekstra kampus. Pernah aktif di Senat, HMI Cabang Bandung, dan terakhir sebagai Sekretaris Jenderal Ikatan Senat Mahasiswa Hukum se-Indonesia (Ismahi) tahun 1996-1998. Cukup dikenal juga sebagai aktivis ’98 dengan julukan “Asep Ismahi”.

Di era kepemimpinan Sekjen Ismahi, organisasi yang dipimpinnya termasuk organisasi kemahasiswaan yang secara lantang meminta Pak Harto tidak dipilih kembali pada pemilihan Presiden oleh MPR tahun 1997. Dan di era reformasi, Kang Asep ikut menggerakan berbagai komponen mahasiswa dan masyarakat untuk menyuarakan tuntutan reformasi yang akhirnya berujung mundurnya Presiden Soeharto pada bulan Mei 1998.

Selepas diwisuda, pria kelahiran Bogor itu hijrah ke Jakarta dan berkarir menjadi advokat. Setelah hampir satu dekade malang melintang sebagai pengacara, Kang Asep mendirikan beberapa usaha lain seperti tour & travel, biro umroh & Haji khusus, konsultan SDM, money changer, dan kafe di bilangan daerah Senopati Jakarta.

Lantas keterpanggilannya ke arena politik, selain karena latar belakang aktivis mahasiswa, Kang  Asep juga tertantang oleh persepsi publik yang cebderung negatif terhadap profesi politisi. Dulu ada istilah “cilok dikecapan, dicolok mun aya gocapan”, yang melahirkan politisi instan dan berdampak pada semakin  semakin menebalnya persepsi tak baik dari publik terhadap politisi.

Tepat bulan November 2012, Kang Asep bergabung dengan Partai Demokrat dan menduduki posisi Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat. Bergabungnya Kang Asep telah menambah spirit dan mental kader-kader Partai Demokrat, dan juga membuktikan bahwa Partai Demokrat meupakan parpol yang berkomitmen dalam melakukan kaderisasi dan rekrutmen bagi kalangan aktivis muda yang potensial dalam membesarkan Partai.

Pada Pemilihan Legislatif 2014, Kang Asep yang mencalonkan dari Daerah Pemilihan V Kab. Bogor terpilih dan dipercaya untuk mengemban amanah menjadi Anggota DPRD Prov. Jawa Barat. Dan sekarang di DPRD Prov. Jabar, Kang Asep menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat.
    Komentari dengan Google
    Komentari dengan Facebook

1 komentar:

emir hakim mengatakan...

tolong di ralat tidak ada nama saya di situ saya anaknya