Merasa Difitnah Dalangi Unjuk Rasa, Demokrat Jawa Barat Laporkan Wamendes ke Polisi

 


JAKARTA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Barat melaporkan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi ke Polda Jawa Barat.

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Asep Wahyuwijaya mengatakan, Budi dilaporkan atas unggahan di laman Facebook atas nama Budi Arie Setiadi yang dinilai menggambarkan Partai Demokrat menjadi dalang unjuk rasa mahasiswa.

"Postingan yang diunggah pada tanggal 24 Juli 2021 pukul 11.53 WIB tersebut membuat kesan seolah-olah Partai Demokrat menjadi dalang demo mahasiswa yang tidak terjadi," kata Asep dalam keterangan tertulis, Jumat (30/7/2021).

Adapun karikatur yang dipermasalahkan itu menggambarkan telapak tangan dengan lima jari yang di masing-masing jari tertulis 'DE', 'MO', 'K', 'RA', 'T'.

Di masing-masing jari juga digambarkan ada beberapa sosok, antara lain dua orang sedang berkelahi, orang kelaparan, dan orang memegang uang.

Gambar tersebut dibubuhi kalimat berbunyi 'Pakai Tangan Adik-adik Mahasiswa Lagi untuk Kepentingan Syahwat Berkuasanya #BONGKARBIANGRUSUH'.

"Sebagai Pejabat Publik, Wamendes Budi Arie Setiadi seharusnya dapat mengklarifikasi kepada kader Partai Demokrat secara langsung sebelum melakukan memuat konten fitnah dan mencemarkan nama baik ini," ujar Asep.


Adapun dalam laporan tersebut, Budi dianggap melanggar Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang serta Pasal 27 dan 28 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam tanda penerimaan, laporan tersebut tertuang dalam nomor agenda PU.10/641/VII/2021 perihal laporan atas dugaan penyebaran berita bohong dan fitnah.

"Polda Jawa Barat berjanji akan menindaklanjuti laporan ini sesuai dengan hukum yang berlaku," ujar Asep.

Sumber: Kompas (30/7/2021)

Share on Google Plus
    Komentari dengan Google
    Komentari dengan Facebook

0 komentar: