Moeldoko Jadi Ketum Versi KLB, Demokrat Jabar: Mengerikan!

 


BANDUNG - DPD Partai Demokrat Jawa Barat menanggapi hasil putusan Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat di Sumatera Utara yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Apa kata Demokrat Jabar?

"Mengerikan. Peristiwa ini tentu akan menjadi sebuah tragedi politik yang meggambarkan bagaimana watak para gerombolan liar itu sesungguhnya," ujar Wakil Ketua DPD Demokrat Jabar Asep Wahyuwijaya kepada detikcom, Jumat (5/3/2021).

Menurut Asep, KLB di Sumatera Utara tersebut akan menjadi preseden buruk bagi sistem demokrasi dan politik di Indonesia.

"Kejadian ini tentu akan menjadi preseden yang amat buruk sekaligus menjadi sejarah kelam bagi kehidupan demokrasi dan politik di tanah air. Sangat kasar dan sama sekali tak mencerminkan adab berpolitik yang baik," tutur dia.

Dia pun meminta agar pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM tidak mengesahkan hasil dari KLB Demokrat di Sumatera Utara itu. Sebab, dia menilai pelaksanaan KLB tersebut ilegal.

"Selanjutnya, tentu saya sangat berharap bahwa negara melalui kemenkumham tak akan memberikan pengesahan dan legitimasi apapun atas segala keputusan apapun yang dilahirkan dari KLB bodong dan ilegal ini," kata dia.

Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat (PD) yang diklaim sepihak oleh segelintir pihak memutuskan Moeldoko sebagai Ketua Umum terpilih. Hal ini berdasarkan voting yang dilakukan dalam KLB Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Kongres Luar Biasa Partai Demokrat menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memperhatikan, memutuskan, menetapkan pertama, dari calon kedua tersebut atas voting berdiri, maka Pak Moeldoko ditetapkan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat Periode 2021-2025," kata pimpinan sidang Jhoni Allen Marbun saat membacakan putusan sidang pleno di The Hill Hotel and Resort, Deli Serdang, Jumat (5/3/2021).

Selain itu, KLB Demokrat menetapkan politikus senior PD Marzuki Alie sebagai Ketua Dewan Pembina PD.

"Keputusan KLB Partai Demokrat tentang penetapan Ketua Dewan Pembina. Dengan Rahmat Tuhan Yang Mahakuasa, KLB Partai Demokrat menimbang dst, mengingat dst, memperhatikan dst. Memutuskan, menetapkan penatapan Kedua Dewan Pembina PD 2021/2025, Bapak Dr Marzuki Alie," kata pimpinan sidang KLB Demokrat, Jhoni Allen, di lokasi acara, The Hill Hotel and Resort, Jumat (5/3/2021).

Sumber: Detik (5/3/2021)

 

0 Komentar