Meski Tak Ditemukan Oknum Manfaatkan Jabatan Di PPDB, DPRD Minta Disdik Jabar Tetap Waspada

 

BANDUNG - DPRD Jabar meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar tetap waspada terhadap oknum yang mencoba memanfaatkan jabatan untuk menerobos sistematis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Anggota Komisi V DPRD Jabar, Asep Wahyuwijaya menjelaskan, sejauh ini pihaknya belum mendapatkan informasi terkait oknum yang memanfaatkan jabatan strategis untuk memperlancar proses PPDB. Sebab, mekanisme PPDB tetap diserahkan melalui sistem yang ada di Disdik Jabar.

"Jadi secara objektif, dokumen peserta didik betul-betul dilihat berdasarkan pemberkasan maupun adminitrasi. Misalkan, di tahap I ada jalur perpindahan orang tua, nilai rapor, dan jalur prestasi," jelas Asep, Senin (28/6).

Menurut politisi asal F-Demokrat itu, PPDB 2021 lebih tenang dibandingkan tahun sebelumnya. Hal tersebut dibuktikan dari sisi mekanisme pendaftaran tidak ada server yang bermasalah karena infrastrukturnya sudah baik.

"Saya cukup mengapresiasi kinerja di Disdik Jabar. Tahun sebelumnya memang ramai karena terdapat anggota Komisi V DPRD Jabar yang mengirimkan surat rekomendasi. Namun, kejadian serupa tidak ditemukan di pelaksanaan PPDB tahun ini," tuturnya.

Kendati begitu, ia mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mengawasi PPDB tahap II yang sedang berlangsung. Sehingga, PPDB dapat berjalan secara transparan tanpa ada pihak yang diuntungkan maupun dirugikan.

"Kalau saya boleh menilai PPDB kali ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Kalau dulu secara infrastruktur ada persoalan seperti di server sehingga dapat memancing orang untuk menggunakan orang 'berpengaruh'. Kemudian, muncul hal-hal lain yang tidak dikehendaki. Sekarang ketika infrastrukturnya rapi, ya mereka (oknum) ya diam saja. Saya lihat begitu sekarang," tukasnya.

Sumber: rmoljabar (28/6/2021)

Share on Google Plus
    Komentari dengan Google
    Komentari dengan Facebook

0 komentar: