Ridwan Kamil Bicara Hak Interpelasi, Begini Reaksi Ketua Fraksi Partai Demokrat


BANDUNG
- Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jabar, Asep Wahyu Wijaya menyayangkan pernyataan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, terkait hak interpelasi. Gubernur yang menyebut rencana hak interplasi dewan belum pasti, salah kaprah.
Yang sebaliknya terjadi, kata Asep, pernyataan gubernur secara tidak langsung memotivasi seluruh fraksi untuk semakin solid menggunakan hak interplasi seusai pelantikan anggota dewan periode 2019 - 2024.
"Seharusnya Ridwan Kamil tidak menyampaikan pernyataan yang memanaskan situasi yang ada. RK itu kan bukan ketua parpol apapun. Jadi, saya pastikan, dia tidak tahu sama sekali suasana kebatinan yang terjadi di DPRD," terang Asep, Senin (19/8/2019).
Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil menilai rencana anggota DPRD Jabar menggunakan hak interplasi belum pasti terealisasi. Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil seusai kunjungan kerja ke Perlombaan HUT RI ke 74 di Kawasan Waduk Jatiluhur Desa Jatimekar Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, Minggu (18/8/2019).
Asep memastikan hak interplasi menjadi agenda bersama dewan baru. Salah satu kebijakan drastis Ridwan Kamil yang disoroti yaitu rencana revitalisasi Alun-Alun Jonggol senilai Rp 15 miliar yang sudah disetujui Pemprov Jabar di periode Gubernur Ahmad Heryawan. Kemudian, rencana berubah dan dialihkan ke pembenahan Setu Ciri Mekar Cibinong.
"Kalau soal interpelasi kan tugasnya DPRD periode depan. Insya Allah, kami akan mendapat tambahan energi yang lebih fresh. Secara pribadi ingin saya sampaikan ke Kang RK, santai saja, diskusi interpelasi ini belum selesai," paparnya.
Lebih lanjut Asep menambahkan, agenda hak interplasi untuk meminta penjelasan program - program kepada Ridwan Kamil, didukung anggota - anggota DPRD Jabar "Bukan hanya anggota, tadi saya rapat dengan para Ketua Fraksi lain. Ketua Fraksi Golkar, Ketua Fraksi PKS dan Ketua Fraksi PDIP pun menyampaikan hal yang senada, 'sebaiknya RK tidak usah memanas - manasi keadaan ini'," tandas Asep menirukan pernyataan sejumlah Ketua Fraksi DPRD Jabar. (galamedia)

0 Komentar